Contoh dan Definisi Sejarah

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia. Jadi, sejarah mempunyai dimensi ruang dan waktu, artinya sejarah itu merupakan peristiwa yang terjadi di suatu tempat dan pada waktu lampau. Peristiwa hanya terjadi dalam satu kali.

Cara berpikir sejarah akan selalu berkaitan dengan masa lampau dan akan meneliti sepanjang kehidupan manusia. Berikut bagan sifat-sifat peristiwa dalam kehidupan manusia yang merupakan peristiwa sejarah.

Inskripsi Herodotus dan Thucydides adalah tokoh dari Yunani Kuno yang dikenal sebagai Bapak Sejarah. Herodotus meneliti masyarakat dan mempelajari sejarah kemiliteran di sepanjang Laut Tengah. Ia merekonstruksi peristiwa sejarah berdasarkan metode ilmiah dalam sebuah buku yang diberi judul History.

Peristiwa sejarah, misalnya, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 Peristiwa abadi: Peristiwa tersebut akan terus dikenang. Hari, tanggal, dan tahun kejadian serta peristiwa yang terjadi akan selalu sama meskipun telah berganti generasi.

Peristiwa unik: Peristiwa tersebut hanya terjadi satu kali, di satu masa, di satu lokasi. Tidak ada kejadian serupa di belahan bumi lainnya. Peristiwa penting: Peristiwa tersebut merupakan momentum perjuangan bangsa Indonesia yang menentukan kehidupan orang banyak, yaitu kehidupan masyarakat/ bangsa Indonesia.

0 Response to "Contoh dan Definisi Sejarah"

Posting Komentar