Jenis dan Macam-Macam Bahwa Malaikat Menyertai Kita Dalam Segala Hal

Secara terperinci, merujuk pada dalil-dalil dalam Al-Qur’an dan hadis, dijelaskan bahwa malaikat selalu menyertai kita dalam hal-hal sebagai berikut.

a. Mendoakan Orang Mukmin

Allah Swt. telah mengilhamkan kepada para malaikat agar merendahkan diri dengan memanjatkan doa serta memohon dengan rahmat-Nya untuk orang-orang yang suka bertobat.

b. Turut Mengamini Orang yang Salat

Malaikat turut mengaminkan orang-orang yang sedang salat. Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw.

bersabda, ”Jika imam mengucapkan, ’Gairil magd.u - bi ‘alaihim walaz.z.a - lli-n,’ ucapkanlah, ’A- mi-n.’ Hal ini karena sesungguhnya malaikat pun mengucapkan, ’A - mi-n.’ . . .”. (H.R. Ahmad, Abu Daud, dan Nasai).

Dengan petunjuk hadis ini dapat dipahami bahwa jika kita sedang melaksanakan ibadah dengan berjamaah, malaikat pun turut mengamini salat kita.

Khusus untuk salat Subuh, bahkan dalam riwayat Imam Bukhari dijelaskan dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda,

”Keutamaan salat jamaah (bersama-sama) melebihi salat sendirian dengan selisih dua puluh lima derajat. Malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada waktu salat fajar (subuh).” Abu Hurairah kemudian mengatakan,

 ”Bacalah sekehendakmu ayat yang artinya, ’Laksanakanlah sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) Subuh. Sungguh, salat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)”. (Q.S. al-Isra-’ [17]: 78)

c. Turun Ketika Ada Orang Membaca Al-Qur’an

Malaikat akan turun ketika ada bacaan Al-Qur’an untuk ikut mendengarnya. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim diceritakan ada seorang sahabat pada suatu malam sedang membaca Al-Quran di tempat dekat kandang kudanya, tibatiba kudanya melompatlompat.

Ketika kejadian itu ditanyakan kepada Rasulullah, dijelaskan bahwa kuda yang melompat-lompat tersebut karena melihat malaikat yang turun mendengarkan bacaan Al-Qur’an.

d. Mencatat Amal Perbuatan Setiap Amal

Apa pun amal manusia akan dicatat oleh malaikat dengan catatan yang sangat teliti. Dengan demikian, tidak ada amal manusia yang luput dari catatan malaikat. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Surah Qa - f [50]:16–18

e. Memberi Kemantapan dalam Hati Orang yang Beriman.

Sebagian malaikat ada yang bertugas meneguhkan kaum mukminin agar memiliki hati yang mantap. Sebagaimana firman Allah sebagai berikut. Iz. yu-h.i- rabbuka ilal-mala-’ikati anni- ma‘akum fas.abbitul-laz. i-na a - manu -

Artinya: (Ingatlah) ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat, Sesungguhnya Aku bersama kalian, maka teguhkanlah (pendirian) orang-orang yang beriman . . . . (Q.S. al-Anfa-l [8]:12).

0 Response to "Jenis dan Macam-Macam Bahwa Malaikat Menyertai Kita Dalam Segala Hal"

Posting Komentar