Kegunaan dan Manfaat Belajar Ilmu Sejarah

Belajar sejarah banyak kegunaannya dalam kehidupan sekarang atau untuk masa yang akan datang. Sejarah dapat memberikan gambaran dan menjadi pedoman bagi suatu bangsa untuk melangkah dari kehidupan masa kini ke masa yang akan datang.

Tiap-tiap individu pada setiap bangsa dan negara harus memiliki kesadaran akan arti pentingnya sejarah. Kesadaran sejarah merupakan dimensi yang memuat konsepsi waktu yang dimiliki manusia yang berbudaya.

Kesadaran sejarah yang tercermin pada individu akan lebih bermanfaat jika bersifat kolektif, sebab sebagai ungkapan masyarakat bersama terhadap situasi yang ada, baik politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang mampu membangun perasaan senasib sebagai suatu anggota bangsa dan negara.

Pengalaman yang dimiliki oleh suatu masyarakat di masa lampau erupakan pengalaman yang bernilai sejarah dan berharga bagi bangsa tersebut pada masa kini, sebab akan memberikan bantuan daya pikir dan tindakan yang bijaksana.

Oleh karena itu, sejarah memiliki arti yang penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Output yang dihasilkan dari belajar sejarah dapat Anda simak dalam bagan berikut. Di tengah masyarakat yang luas, sejarah mempunyai arti dan kegunaan sosial, yaitu memberi kegunaan edukatif (pelajaran), kegunaan yang menimbulkan inspirasi (ilham), dan fungsi rekreatif (rasa yang menyenangkan). Belajar Sejarah Kegunaan edukatif memberi pelajaran berdasarkan peristiwa/pengalaman masa lampau.

0 Response to "Kegunaan dan Manfaat Belajar Ilmu Sejarah"

Posting Komentar