Menindaklanjuti
banyaknya permasalahan mengenai status NUPTK yang Invalid di system VervalPTK
(vervalptk.data.kemdikbud.go.id), maka saat ini di buka kesempatan untuk dapat
memperbaiki data NUPTK melalui Aplikasi Dapodik SMA-SMK guna mendorong
percepatan verifikasi dan validasi data NUPTK.
Yang
diperlu diperhatikan adalah, bahwa kesempatan untuk dapat memperbaiki/mengedit
data NUPTK melalui Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0** ini hanya = 1 X (SATU
KALI), setelah data NUPTK diisi/ubah/edit kemudian di simpan maka akan kembali
TERKUNCI. Dan perbaikan data NUPTK ini hanya dapat dilakukan pada Aplikasi
Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0**. Dihimbau untuk menggunakan kesempatan ini dengan
cermat dan bijaksana.
Berikut
penjelasan teknis status NUPTK Invalid di VervalPTK dan penanganannya:
1. NUPTK INVALID
disebabkan kesalahan input
Yang
masuk kategori ini adalah:
a. NUPTK salah input/isi di Aplikasi Dapodik
SMA-SMK sedangkan status di aplikasi sudah non aktif dan tidak data di edit.
b. NUPTK diisikan data asal, misalnya =
0000000000000, 11111111111
c. NUPTK diisikan data bukan NUPTK, misalnya
diisi PegID
d. NUPTK belum diisikan/kosong, padahal PTK yang
bersangkutan sudah memiliki NUPTK
PERLAKUAN
:
a. Lakukan sinkronisasi dan cek report
sinkronisasi pada bagian “PERUBAHAN DATA YANG MASUK KE LOKAL”. Dan cermati pada
kolom “Nama Tabel” jika terdapat “VLD PTK” dengan keterangan “Sukses” sejumlah
PTK yang NUPTK nya invalid di verval PTK, maka kolom NUPTK pada Aplikasi
Dapodik SMA-SMK 8.4.0** untuk PTK yang status NUPTK Invalid sebagaimana
penjelasan diatas akan aktif dan dapat diisi/edit/ubah.
b. Lakukan perbaikan data NUPTK, dan ingat harap
dilakukan dengan cermat karena setelah diisi/ubah dan disimpan, maka akan
kembali di kunci. Disarankan data NUPTK yang diisikan dicek terlebih dahulu
pada laman: http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status
c. Setelah dilakukan perbaikan data NUPTK,
lakukan sinkronisasi untuk mengirimkan perubahan/perbaikan data.
d. Tunggu 1 X 24 jam untuk proses update dari
server Dapodik ke server VervalPTK.
e. Cek status NUPTK di laman :
http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id
f. Jika status masih INVALID, maka ulangi proses
dari awal (poin a.)
2. NUPTK INVALID disebabkan PTK belum memiliki
NUPTK
Untuk
PTK yang belum memiliki NUPTK, maka akan diproses berdasarkan mekanisme yang
dijelaskan di Panduan Pengelolaan Data GTK dan NUPTK
(http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/detailBerita/2016-03-12/panduan_pengelolaan_data_gtk_dan_nuptk
)
PERLAKUAN :
a. Setelah melakukan sinkronisasi maka kolom
NUPTK pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0** menjadi aktif dan dapat diisi, akan
tetapi dikarenakan memang PTK yang bersangkutan belum memiliki NUPTK maka HARUS
TETAP DIKOSONGKAN.
b. Dan setelah kembali dilakukan sinkronisasi,
maka status NUPTK di vervalPTK untuk PTK yang belum memiliki NUPTK akan tetap
INVALID.
c. TIM dari PDSPK akan melakukan validasi dan
kemudian PTK yang belum memiliki NUPTK akan masuk dalam menu “Kandidat”.
d. Proses berikutnya dilakukan sesuai dengan
prosedur pengajuan NUPTK yang dijelaskan pada Panduan Pengelolaan Data GTK dan
NUPTK.
0 Response to "Panduan Cara Memperbaiki Data NUPTK Invalid di Aplikasi Dapodikmen SMA/SMK Tahun 2016 Versi 8.4.0**"
Posting Komentar