Informasi yang
dinyatakan dalam label, etiket, keterangan, iklan atau promosi penjualan produk.
Portalpelajaranlengkap
- Setiap
perusahaan pasti memperhatikan dan mempertimbangkan merk produknya,sebagai
identitas,taraf mutu ,mencegah peniruan sertamempermudah konsumen didalam
pencarian produk.,.
merk
produk akan menolong para penjual didalam memasarkan barang,merk juga merupakan
sales promotion ,memberikan dorongan untuk melakukan pembelian dan melindungi
adanya pemalsuan / peniruan.
Selain
merk, Ciri lain yang harus dipahami oleh penjual adalah label, label merupakan
informasi tertulis tentang produk atau tentang penjualannya, sedangkan
keterangan lain tentang produk dapat dilihat dari kemasan produk itu sendiri
1. Merk dagang
Merek
dagang adalah sebuah nama, istilah, tanda symbol atau desain atau kombinasi
dari semuanya ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi produk atau jasa dari
seseorang penjual atau kelompok penjual dan untuk membedakannya dari produk
atau jasa pesaing.
Nama
Merek : Bagian dari suatu merek yang dapat dihapalkan atau diucapkan misalnya :
Sunsilk, lux, Honda dan sebagainya.
Tanda
Merk : Bagian dari suatu merek yang dapat dikenali tetapi tidak dapat
dilapalkan suatu symbol, desain atau semacamnya.
Misalnya:
Singa untuk perusahaanfilm, kuda laut untuk Pertamina.
Merek
Dagang : Merek atau bagian dari suatu merek yang mendapat perlindungan hukum
karena mampu untuk memperoleh hak secara eksklusif. Sebuah merek melindungi
eksklusif penjual untuk
menggunakan
nama merek atau tanda merek.
Hak
Cipta : Hak sah eksklusif untuk memproduksi, menerbitkan dan menjual bahan
bentuk tulisan, musik atau
karya
seni.
Dengan
brand/cap/merek tersebut perusahaan mengharapkan agar konsumen mempunyai kesan
positif pada barang atau jasa yang dihasilkan.
• Syarat-syarat untuk
memilih Cap / Merek
Bagaimanapun
merek/cap yang telah dipilih mempunyai pengaruh terhadap kelancaran penjualan,
sehingga untuk itu setiap perusahaan hendaknya dapat menetapkan merek/cap yang
dapat menimbulkan kesan positif.
Dengan demikian ada
sejumlah syarat yang perlu diperhatikan yaitu :
a.
Mudah diingat
b.
Menimbulkan kesan positif
c.
Tepat untuk promosi
d.
Memilih cirri khas sendiri
e.
Bisa didaftarkan dan dilindungi hak patent
• Pentingnya Merek /
Cap
Bagi
perusahaan, mencantumkan merek atas setiap produk yang dihasilkan memiliki
fungsi / kegunaan yaitu: mempermudah konsumen mengidentifikasi produk atau jasa
yang memenuhi kebutuhan.
Merek/cap
juga dapat membuat pembeli yakin akan memperoleh kualitas barang yang sama jika
mereka membeli ulang.
Namun
bagi penjual pentingnya merk/cap merupakan suatu yang dapat diiklankan dan akan
dikenali konsumen jika sedang diperagakan dietalase took
Merk/cap
secara tidak langsung membantu penjual mengendalikan pasar, karena para pembeli
pada dasarnya tidak mau dibingungkan oleh produk yang satu dengan produk yang
lainnya.
Merk/cap
mengurangi perbandingan harga dari dua macam barang dengan merk/cap yang
berbeda.
Bagi
para penjual, merk/cap dapat menambah prestise untuk dibedakan dari komoditi
biasa lainnya.
•
Kebijaksanaan dan Strategi Merk
0 Response to "Cara Untuk Menentukan Merk Prosuk Dalam Label Produknya Perusahaan"
Posting Komentar