Bagi
perusahaan, mencantumkan merek atas setiap produk yang dihasilkan memiliki
fungsi / kegunaan yaitu: mempermudah konsumen mengidentifikasi produk atau jasa
yang memenuhi kebutuhan.
Merek/cap
juga dapat membuat pembeli yakin akan memperoleh kualitas barang yang sama jika
mereka membeli ulang.
Namun
bagi penjual pentingnya merk/cap merupakan suatu yang dapat diiklankan dan akan
dikenali konsumen jika sedang diperagakan dietalase took
Merk/cap
secara tidak langsung membantu penjual mengendalikan pasar, karena para pembeli
pada dasarnya tidak mau dibingungkan oleh produk yang satu dengan produk yang
lainnya.
Merk/cap
mengurangi perbandingan harga dari dua macam barang dengan merk/cap yang
berbeda.
Bagi
para penjual, merk/cap dapat menambah prestise untuk dibedakan dari komoditi
biasa lainnya.
•
Kebijaksanaan dan Strategi Merk
Pada
dasarnya setiap produsen memiliki sejumlah kebijakan dan strategi dalam
menentukan merk/cap dari setiap produk yang dihasilkan, yakni :
-Memakai
merk/cap sendiri (perusahaan)
-Menjual
produk dengan memakai merk/cap para pialangnya (Distributor, Pedagang Besar).
a. Memakai Merk/Cap
sendiri
Pada
umumnya perusahaan yang memasarkan dengan memakai merk/cap sendiri biasanya
tergolong perusahaan besar, kuat posisi keuangannya dan teratur manajemennya.
Perusahaan
tersebut telah memiliki jajaran/barisan produk yangluas, system distribusi yang
sudah mapan dan memiliki bagian pasar (market share) yang besar
b.
Menjual/Produk dengan memakai merk/cap para pialang
Pemasaran
produk yang dihasilkan di bawah merk/cap para pialang merupakan salah satu
strategi yang paling banyak dipakai oleh produsen. Penggunaan strategi ini
dapat meningkatkan volume penjualan dan laba.
2. Kemasan
Kemasan
adalah seluruh kegiatan merancang dan memproduksi bungkus atau kemasan suatu
produk
Ada beberapa alas an
mengapa kemasan diperlukan, yaitu :
a.
Kemasan memenuhi sasaran keamanan (safety) dan kemanfaatan.
Kemasan
dapat melindungi produk dalamperjalanannya dari produsen ke konsumen dan bahkan
untuk beberapa kasus bahkansewktu dipakai oleh konsumen.
b.
Kemasan dapat melaksanakan program pemasaran perusahaan Melalui kemasan
identifikasi produk menjadi lebih efektif.
0 Response to "Pentingnya Merek / Cap "
Posting Komentar