Pentingnya Merek / Cap

Bagi perusahaan, mencantumkan merek atas setiap produk yang dihasilkan memiliki fungsi / kegunaan yaitu: mempermudah konsumen mengidentifikasi produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan.

Merek/cap juga dapat membuat pembeli yakin akan memperoleh kualitas barang yang sama jika mereka membeli ulang.

Namun bagi penjual pentingnya merk/cap merupakan suatu yang dapat diiklankan dan akan dikenali konsumen jika sedang diperagakan dietalase took

Merk/cap secara tidak langsung membantu penjual mengendalikan pasar, karena para pembeli pada dasarnya tidak mau dibingungkan oleh produk yang satu dengan produk yang lainnya.

Merk/cap mengurangi perbandingan harga dari dua macam barang dengan merk/cap yang berbeda.

Bagi para penjual, merk/cap dapat menambah prestise untuk dibedakan dari komoditi biasa lainnya.

• Kebijaksanaan dan Strategi Merk



Pada dasarnya setiap produsen memiliki sejumlah kebijakan dan strategi dalam menentukan merk/cap dari setiap produk yang dihasilkan, yakni :

-Memakai merk/cap sendiri (perusahaan)
-Menjual produk dengan memakai merk/cap para pialangnya (Distributor, Pedagang Besar).

a. Memakai Merk/Cap sendiri

Pada umumnya perusahaan yang memasarkan dengan memakai merk/cap sendiri biasanya tergolong perusahaan besar, kuat posisi keuangannya dan teratur manajemennya.

Perusahaan tersebut telah memiliki jajaran/barisan produk yangluas, system distribusi yang sudah mapan dan memiliki bagian pasar (market share) yang besar

b. Menjual/Produk dengan memakai merk/cap para pialang

Pemasaran produk yang dihasilkan di bawah merk/cap para pialang merupakan salah satu strategi yang paling banyak dipakai oleh produsen. Penggunaan strategi ini dapat meningkatkan volume penjualan dan laba.

2. Kemasan

Kemasan adalah seluruh kegiatan merancang dan memproduksi bungkus atau kemasan suatu produk

Ada beberapa alas an mengapa kemasan diperlukan, yaitu :

a. Kemasan memenuhi sasaran keamanan (safety) dan kemanfaatan.

Kemasan dapat melindungi produk dalamperjalanannya dari produsen ke konsumen dan bahkan untuk beberapa kasus bahkansewktu dipakai oleh konsumen.

b. Kemasan dapat melaksanakan program pemasaran perusahaan Melalui kemasan identifikasi produk menjadi lebih efektif.

0 Response to "Pentingnya Merek / Cap "

Posting Komentar