Cara Mengendalikan Pendapat

Portalpelajaranlengkap - Salah satu pantangan bagi seorang Sales Executives adalah berselisih pendapat dengan calon pembeli. Dalam ilmu Salesmanship ada ungkapan yang mengatakan "you can win your argument with your customer, but you might lose your sale".

Ungkapan itu dapat diterjemahkan "kalian dapat saja menang berdebat dengan calon pembeli, namun ada kemungkinan calon pembeli itu tidak jadi membeli produk yang kalian tawarkan".

Untuk menghangatkan suasana pertemuan dengan calon pembeli seringkali Sales Executives membuka percakapan mereka dengan membicarakan hal-hal diluar tujuan menawarkan produk, misalnya keadaan cuaca atau lalu lintas di kotanya.

Percakapan pembuka akan mempengaruhi suasana pertemuan selanjutnya, oleh karena itu harus dilakukan secara hati-hati. Sebaiknya Sales Executives menghindari percakapan pembuka dengan membicarakan hal-hal yang sifatnya sensitif, misalnya politik atau agama.

Hal itu diperlukan karena bahan pembicaraan yang bersifat sensitif dapat menimbulkan perbedaan pendapat dengan calon pembeli.

• Penuh perhatian kepada orang lain

Bila ingin mempunyai kepribadian yang menyenangkan Sales Executives wajib membina kebiasaan memberikan perhatian kepada setiap orang yang mereka temui termasuk para resepsionis, sekretaris bahkan penjaga pintu masuk perusahaan atau kantor yang mereka kunjungi.

Kebiasaan mengucapkan salam dan terima kasih secara tulus kepada setiap orang yang mereka temui wajib dimiliki setiap orang Sales Executives.

0 Response to "Cara Mengendalikan Pendapat "

Posting Komentar