Portalpelajaranlengkap
- Salah satu pantangan bagi seorang Sales Executives adalah berselisih pendapat
dengan calon pembeli. Dalam ilmu Salesmanship ada ungkapan yang mengatakan
"you can win your argument with your customer, but you might lose your
sale".
Ungkapan
itu dapat diterjemahkan "kalian dapat saja menang berdebat dengan calon
pembeli, namun ada kemungkinan calon pembeli itu tidak jadi membeli produk yang
kalian tawarkan".
Untuk
menghangatkan suasana pertemuan dengan calon pembeli seringkali Sales
Executives membuka percakapan mereka dengan membicarakan hal-hal diluar tujuan
menawarkan produk, misalnya keadaan cuaca atau lalu lintas di kotanya.
Percakapan
pembuka akan mempengaruhi suasana pertemuan selanjutnya, oleh karena itu harus
dilakukan secara hati-hati. Sebaiknya Sales Executives menghindari percakapan
pembuka dengan membicarakan hal-hal yang sifatnya sensitif, misalnya politik atau
agama.
Hal
itu diperlukan karena bahan pembicaraan yang bersifat sensitif dapat
menimbulkan perbedaan pendapat dengan calon pembeli.
•
Penuh perhatian kepada orang lain
Bila
ingin mempunyai kepribadian yang menyenangkan Sales Executives wajib membina
kebiasaan memberikan perhatian kepada setiap orang yang mereka temui termasuk
para resepsionis, sekretaris bahkan penjaga pintu masuk perusahaan atau kantor
yang mereka kunjungi.
Kebiasaan
mengucapkan salam dan terima kasih secara tulus kepada setiap orang yang mereka
temui wajib dimiliki setiap orang Sales Executives.
0 Response to "Cara Mengendalikan Pendapat "
Posting Komentar