Macam-Macam Fungsi Personal Selling

Portalpelajaranlengkap - Meskipun demikian, personal selling tetaplah penting dan biasanya dipakai untuk mendukung metode promosi lainnya.

Aktivitas personal selling memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut :

1. Prospecting, yaitu

mencari pembeli dan menjalin hubungan dengan mereka.

2. Targeting, yaitu

mengalokasikan kelangkaan waktu penjual demi pembeli.

3. Communicating, yaitu

memberi informasi mengenai produk perusahaan kepada pelanggan.

4. Selling, yakni

mendekati, mempresentasikan dan mendemonstrasikan, mengatasi penolakan, serta menjual produk
kepada pelanggan.

5. Servicing, yakni

Memberikan berbagai jasa dan pelayanan kepada pelanggan.

6. Information gathering, yakni

melakukan riset dan intelijen pasar.

7. Allocating, yaitu

menentukan pelanggan yang akan dituju.

Penjual yang ditugaskan untuk melakukan personal selling harus memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut :

1. Salesmanship

Penjual harus memiliki pengetahuan tentang produk dan menguasai seni menjual, seperti cara mendekati pelanggan, memberikan presentasi dan demonstrasi, mengatasi penolakan pelanggan, dan mendorong pembelian.

2. Negotiating

Penjual harus mempunyai kemampuan untuk bernegosiasi tentang syarat-syarat penjualan.

3. Relationship marketing

Penjual harus tahu cara membina dan memelihara hubungan balk dengan para pelanggan.

Berdasarkan tugas dan posisinya, penjual dapat diklasifikasikan menjadi enam macam tipe, yaitu :

1.   Deliverer (driver sales person), yaitu penjual yang tugas utamanya mengantar produk ke tempat pembeli.
2.   Order getter, yaitu penjual yang mencari pembeli atau mendatangi pembeli (sifat kerjanya di luar).
3.   Order taker, yaitu penjual yang melayani pelanggan di dalam outlet (sifat kerjanya di dalam).
4.   Missionary sales people (merchandiser, retailer), yaitu penjual yang ditugaskan untuk mendidik/melatih dan membangun goodwill dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Misalnya melatih wiraniaga perantara, menjelaskan program promosi perusahaan kepada perantara.

5.   Technical specialist (technician), yaitu penjual yang harus memiliki atau memberikan pengetahuan teknis kepada pelanggan.
6.   Demand creator, yaitu penjual yang harus memiliki kreativitas dalam menjual produk (tangible dan intangible).

0 Response to "Macam-Macam Fungsi Personal Selling"

Posting Komentar