Portalpelajaranlengkap
- Meskipun demikian, personal selling tetaplah penting dan biasanya dipakai
untuk mendukung metode promosi lainnya.
Aktivitas
personal selling memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut :
1.
Prospecting, yaitu
mencari
pembeli dan menjalin hubungan dengan mereka.
2.
Targeting, yaitu
mengalokasikan
kelangkaan waktu penjual demi pembeli.
3.
Communicating, yaitu
memberi
informasi mengenai produk perusahaan kepada pelanggan.
4.
Selling, yakni
mendekati,
mempresentasikan dan mendemonstrasikan, mengatasi penolakan, serta menjual
produk
kepada
pelanggan.
5.
Servicing, yakni
Memberikan
berbagai jasa dan pelayanan kepada pelanggan.
6.
Information gathering, yakni
melakukan
riset dan intelijen pasar.
7.
Allocating, yaitu
menentukan
pelanggan yang akan dituju.
Penjual
yang ditugaskan untuk melakukan personal selling harus memenuhi
kriteria-kriteria sebagai berikut :
1.
Salesmanship
Penjual
harus memiliki pengetahuan tentang produk dan menguasai seni menjual, seperti
cara mendekati pelanggan, memberikan presentasi dan demonstrasi, mengatasi
penolakan pelanggan, dan mendorong pembelian.
2.
Negotiating
Penjual
harus mempunyai kemampuan untuk bernegosiasi tentang syarat-syarat penjualan.
3.
Relationship marketing
Penjual
harus tahu cara membina dan memelihara hubungan balk dengan para pelanggan.
Berdasarkan
tugas dan posisinya, penjual dapat diklasifikasikan menjadi enam macam tipe,
yaitu :
1.
Deliverer
(driver sales person), yaitu penjual
yang tugas utamanya mengantar produk ke tempat pembeli.
2.
Order
getter, yaitu penjual yang mencari
pembeli atau mendatangi pembeli (sifat kerjanya di luar).
3.
Order
taker, yaitu penjual yang melayani
pelanggan di dalam outlet (sifat kerjanya di dalam).
4.
Missionary
sales people (merchandiser, retailer), yaitu
penjual yang ditugaskan untuk mendidik/melatih dan membangun goodwill dengan
pelanggan atau calon pelanggan.
Misalnya
melatih wiraniaga perantara, menjelaskan program promosi perusahaan kepada
perantara.
5.
Technical
specialist (technician), yaitu
penjual yang harus memiliki atau memberikan pengetahuan teknis kepada
pelanggan.
6.
Demand
creator, yaitu penjual yang harus
memiliki kreativitas dalam menjual produk (tangible dan intangible).
0 Response to "Macam-Macam Fungsi Personal Selling"
Posting Komentar