Portalpelajaranlengkap
- Seseorang dengan kepribadian merak ati atau menyenangkan menyebabkan orang
lain menyukainya.
Kepribadian
merak ati sangat dibutuhkan untuk mendorong keberhasilan Sales Executives
menjual jenis produk apapun.
Kepribadian
seperti ini terlebih-lebih dibutuhkan apabila persaingan produk yang dijual
sangat ketat, dimana perbedaan mutu produk, harga, jadwal pengiriman barang,
ketenaran merek produk dan sebagainya sangat minim.
Dalam
situasi seperti itu calon pembeli cenderung untuk membeli produk dari Sales
Executives yang mereka pakai.
Beberapa
pedoman untuk membangun kepribadian merak ati :
•
Tidak membicarakan diri sendiri secara berlebihan
Seorang
Sales Executives wajib selalu berusaha untuk menjauhi kebiasaan memuji diri
sendiri di depan orang lain.
Calon
pembeli manapun tidak berminat mendengarkan kehebatan Sales Executives yang
melayaninya. Mereka menginginkan Sales Executives itu membicarakan diri mereka
atau perusahaannya, kebutuhan mereka dan barang atau jasa yang mereka butuhkan
atau inginkan.
•
Selalu mencari hal-hal yang positif tentang orang-orang yang ditemui.
Sales
Executives wajib menghindari kebiasaan mengkritik orang lain atau
membicarakannya di belakang punggung.
Di
samping kekurangannya setiap orang mempunyai kelebihan tersendiri baik yang
berupa penampilan, kebiasaan, tutur kata atau tingkah laku.
Hendaknya
kelebihan itu dicari dan mengomentarinya secara menyenangkan pada saat bertemu
dengan calon pembeli.
Dengan
memiliki kebiasaan ini secara tidak terasa Sales Executives yang bersangkutan
itu sendiri akan mendapatkan dua manfaat untuk dirinya.
Pertama
mereka akan tumbuh menjadi tokoh yang disukai oleh kebanyakan orang yang
ditemuinya.
Kedua
dengan memberikan komentar baik tentang kebaikan seseorang, secara tidak terasa
sifat baik orang tersebut akan bersemi dalam pribadi Sales Executives itu
sendiri.
•
Menghormati diri sendiri tetapi tidak memanjakannya secara berlebihan Setiap
orang Sales Executives wajib menghormati kelebihankelebihan yang mereka miliki.
Hal
itu diperlukan untuk mempertebal rasa percaya diri serta tidak membiarkan
dirinya dilecehkan calon pembeli yang tidak serius.Walaupun demikian mereka
harus menjauhkan diri dari kebiasaan memuja diri sendiri.
•
Mengendalikan pendapat
Salah
satu pantangan bagi seorang Sales Executives adalah berselisih pendapat dengan
calon pembeli. Dalam ilmu Salesmanship ada ungkapan yang mengatakan "you
can win your argument with your customer, but you might lose your sale".
Ungkapan
itu dapat diterjemahkan "kalian dapat saja menang berdebat dengan calon
pembeli, namun ada kemungkinan calon pembeli itu tidak jadi membeli produk yang
kalian tawarkan".
Untuk
menghangatkan suasana pertemuan dengan calon pembeli seringkali Sales
Executives membuka percakapan mereka dengan membicarakan hal-hal diluar tujuan
menawarkan produk, misalnya keadaan cuaca atau lalu lintas di kotanya.
Percakapan
pembuka akan mempengaruhi suasana pertemuan selanjutnya, oleh karena itu harus
dilakukan secara hati-hati. Sebaiknya Sales Executives menghindari percakapan
pembuka dengan membicarakan hal-hal yang sifatnya sensitif, misalnya politik atau
agama.
Hal
itu diperlukan karena bahan pembicaraan yang bersifat sensitif dapat
menimbulkan perbedaan pendapat dengan calon pembeli.
•
Penuh perhatian kepada orang lain
Bila
ingin mempunyai kepribadian yang menyenangkan Sales Executives wajib membina
kebiasaan memberikan perhatian kepada setiap orang yang mereka temui termasuk
para resepsionis, sekretaris bahkan penjaga pintu masuk perusahaan atau kantor
yang mereka kunjungi.
Kebiasaan
mengucapkan salam dan terima kasih secara tulus kepada setiap orang yang mereka
temui wajib dimiliki setiap orang Sales Executives.
•
Murah Senyum
Memberikan
senyuman kepada orang lain tidak membutuhkan biaya. Padahal senyuman yang cerah
adalah penyebaran rasa suka kepada orang lain dan karenanya dapat menciptakan suasana
pertemuan yang menyenangkan.
Sales
Executives harus menyukai calon pembelinya karena kalau mereka tidak menyukai
calon pembeli mereka akan mendapatkan problem yaitu tidak dapat menjual
produknya.
Senyuman
cerah kepada calon pembeli dapat membuka pertemuan ke arah suasana pertemuan
jual-beli.
0 Response to "Pengertian Kepribadian Merak Ati "
Posting Komentar