Portalpelajaranlengkap
- Banyak penjualan antar bisnis memerlukan keahlian negosiasi.
Kedua
pihak perlu mencapai kesepakatan mengenai harga dan syarat penjualan lainnya.
Wiraniaga perlu mendapatkan pesanan tersebut tanpa membuat persetujuan yang
akan merugikan profitabilitas.
Definisi Negosiasi
Pemasaran
berhubungan dengan kegiatan pertukaran dan cara penetapan syarat-syarat
pertukaran. Dalam pertukaran rutin, syarat-syarat tersebut ditetapkan dengan
suatu program harga dan distribusi yang telah baku.
Dalam
pertukaran negosiasi, harga dan syarat lainnya ditetapkan melalui
tawar-menawar, dengan dua pihak atau lebih menegosiasikan
kesepakatan-kesepakatan jangka panjang yang mengikat (misalnya usaha patungan,
waralaba, subkontrak, integrasi vertikal).
Walau
harga merupakan masalah yang paling sering dinegosiasikan, masalah lain
mencakup waktu penyelesaian kontrak, kualitas barang dan jasa yang ditawarkan,
volume pembelian, tanggung jawab pembiayaan, pengambilan risiko, promosi, dan
kepemilikan, serta keamanan produk.
Jumlah
masalah yang dinegosiasikan tidak terbatas.
Pemasar
yang berada dalam situasi tawar-menawar perlu memiliki kualitas dan keahlian
tertentu agar dapat efektif.
Kualitas
yang paling penting adalah keahlian mempersiapkan dan merencanakan, pengetahuan
mengenai masalah yang dinegosiasikan,
kemampuan
untuk berpikir dengan jelas dan cepat dalam tekanan dan ketidakpastian,
kemampuan untuk menyatakan pikiran mereka secara verbal, keahlian mendengarkan,
penilaian dan kecerdasan umum, integritas, kemampuan untuk membujuk pihak lain,
dan kesabaran.
Ini
semua akan membantu pemasar untuk mengetahui kapan dan bagaimana melakukan
negosiasi.
0 Response to "Pengertian Negosiasi "
Posting Komentar