Portalpelajaranlengkap
- Banyak perusahaan masih sangat mengandalkan satu atau dua alat komunikasi
untuk mencapai tujuan komunikasinya.
Praktik
ini terus berlangsung, meski sekarang ini terjadi disintegrasi dari pasar
massal ke banyak pasar kecil, masing-masing memerlukan pendekatan komunikasi
tersendiri; berkembangnya berbagai jenis media baru, dan semakin canggihnya
konsumen.
Alat
komunikasi, pesan, dan audiens yang sangat beragam mengharuskan perusahaan
memikirkan penggunaan alat-alat komunikasi yang lebih modern, secara lebih
optimal, serta penyelarasan alat -alat komunikasi tersebut.
Sekarang
ini, semakin banyak perusahaan menggunakan konsep komunikasi pemasaran
terintegrasi (Integrated Marketing Communication-IMC).
Menurut
definisi American Association of Advertising Agencies (4As), IMC adalah :
....suatu
konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang menyadari nilai tambah dari suatu
rencana
komprehensif
yang mengevaluasi peran strategis dari berbagai disiplin komunikasi,
Misalnya,
periklanan umum, tanggapan langsung, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat
dan menggabungkan berbagai disiplin ini untuk memberikan kejelasan,
konsistensi, dan pengaruh komunikasi yang maksimum melalui integrasi menyeluruh
dari pesan-pesan yang berlainan.
Suatu
penelitian pada tahun 1991 terhadap manajemen puncak dan eksekutif pemasaran di
perusahaan-perusahaan besar produk konsumsi menunjukkan bahwa lebih dari 70%
menyukai konsep
kornunikasi
pemasaran terintegrasi sebagai suatu cara untuk memperbaiki pengaruh komunikasi
mereka.
Pada
masa tersebut, beberapa agen periklanan yang besar mengakuisisi agen-agen utama
yang memiliki spesialisasi dalam promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan
pemasaran langsung dengan tujuan untuk menyediakan satu tempat belanja komunikasi
pemasaran menyeluruh (one-stop shopping).
Tetapi,
mereka kecewa kebanyakan klien mereka tidak membeli paket komunikasi pemasaran
terintegrasi tersebut, tetapi lebih memilih berhubungan dengan beberapa agen
periklanan yang berbeda.
Mengapa
terjadi penolakan tersebut? Sebagian karena perusahaan-perusahaan besar
menggunakan spesialis komunikasi yang berbeda untuk bekerja sama dengan manajer
merek perusahaan.
Setiap
spesialis komunikasi akan menuntut anggaran yang lebih besar.
Manajer
penjualan ingin menyewa dua wiraniaga tambahan dengan biaya sebesar $80.000
sedangkan manajer periklanan ingin membelanjakan jumlah yang sama untuk iklan
di televisi pada jam tayang utama.
Manajer
hubungan masyarakat sangat yakin bahwa program publisitas akan lebih
bermanfaat, sedangkan para spesialis program pemasaran lewat telepon dan surat
langsung menyatakan bahwa mereka memiliki jawabannya.
Manajer
merek sendiri sering kurang terlatih dalam berbagai bentuk komunikasi
pemasaran. Umumnya hanya memiliki pengalaman tradisional dalam media
periklanan. Mereka hanya tahu sedikit tentang pemasaran langsung, promosi
penjualan, atau hubungan masyarakat.
Para
kepala dari tiap alat komunikasi fungsional hanya tahu sedikit tentang
alat-alat komunikasi lainnya. Lagi pula, para kepala komunikasi biasanya
memiliki agen spesialis favorit dari luar perusahaan dan menolak memberikan
semua tanggung jawab komunikasi hanya kepada agen periklanan super.
Mereka
berpendapat bahwa perusahaan seharusnya memilih agen spesialis terbaik untuk
setiap tujuan, bukan agen pe ringkat kedua atau ketiga hanya karena mereka
termasuk dalam agen periklanan super itu.
Mereka
yakin bahwa agen periklanan itu juga tidak bertindak bersama, melainkan tiap
departemen dalam agen tersebut beroperasi sebagai pusat laba yang terpisah.
Mereka
yakin bahwa agen periklanan itu akan tetap menepatkan sebagian besar uang
pengiklan ke dalam anggaran periklanan.
Komunikasi
pemasaran terintegrasi akan menghasilkan pesan yang lebih konsisten dan
pengaruh penjualan yang lebih besar.
IMC
memberikan tanggung jawab pada seseorang yang sebelumnya tidak ada untuk
menyatukan citra merek dan pesan perusahaan yang datang melalui ribuan kegiatan
perusahaan.
IMC
akan memperbaiki kemampuan perusahaan untuk menjangkau pelanggan yang tepat
dengan pesan yang tepat pada saat yang tepat di tempat yang tepat.
0 Response to "Pengertian Pemasaran Terintegrasi "
Posting Komentar