Portalpelajaranlengkap
- Untuk melakukan komunikasi secara efektif, pemasar perlu memahami unsur-unsur
fundamental yang mendasari komunikasi yang efektif. menunjukkan suatu model
komunikasi dengan sembilan unsur.
Dua
unsur merupakan pihak-pihak utama dalam suatu komunikasi, meliputi pengirim dan
penerima. Dua unsur merupakan alat komunikasi utama, meliputi pesan dan media.
Empat
unsur merupakan fungsi komunikasi utama, meliputi pengkodean (encoding),
penguraian kode (decoding), tanggapan (response), dan umpan balik (feedback).
Unsur
terakhir dalam sistem tersebut adalah gangguan (noise), yaitu pesan-pesan acak
dan yang menyaingi dapat mengganggu komunikasi.
Model
ini menekankan faktor-faktor penting dalam komunikasi efektif. Pengirim harus
tahu pendengar apa yang harus dicapai dan tanggapan apa yang diinginkan.
Mereka
harus mengkodekan pesan mereka dalam suatu cara yang mempertimbangkan bagaimana
pendengar sasaran biasanya menguraikan kode pesan.
Mereka
juga harus mengirimkan pesan itu melalui media yang efisien dalam mencapai
pendengar sasaran dan membangun saluran umpan balik untuk memantau tanggapan
penerima atas pesan itu.
Agar
suatu pesan dapat efektif, proses pengkodean dari pengirim harus berhubungan
dengan proses penguraian kode oleh penerima.
Artinya,
pesan yang terbaik adalah pesan yang disampaikan dengan tanda-tanda yang
dikenali oleh penerimanya. Apabila penerima memiliki persamaan pengalaman
dengan penerima pesan, maka komunikasi yang dilakukan akan lebih efektif.
Persyaratan
ini akan mempersulit komunikator dari suatu lapisan sosial (misalnya pegawai
periklanan) yang ingin berkomunikasi secara efektif dengan lapisan sosial lain
(misalnya pekerja pabrik).
Tugas
pengirim adalah mengupayakan pesan sampai kepada penerima.
0 Response to "Unsur- Unsur Fundamental Yang Mendasari Komunikasi Pemasar"
Posting Komentar