Cara Pengambilan contoh Pengujian Komoditas Ubi Jalar

Cara pengambilan contoh untuk pengujian komoditas ubi jalar menurut SNI 01-4493-1998 adalah sebagai berikut:

(1)  Kemasan yang dipilih ditentukan secara acak sebanyak akar pangkat dua dari jumlah kemasan dalam lot, kemudian dari tiap
(2)  Contoh tersebut diambil tanpa menimbulkan kerusakan.
(3)  Contoh yang diperoleh dibagi dua secara acak dan dilakukan beberapa kali sampai diperoleh contoh analisa sebanyak 50 biji. 

b) Prinsip pengujian

Pengujian mutu ubi jalar dikelompokkan berdasarkan uji kualitatif dan uji kuantitatif. Pada uji kualitatif diuji secara organoleptik yang menggunakan indera penglihatan, penciuman, dan peraba oleh penguji yang terlatih.

Cara pemeriksaan adalah contoh analisis sebanyak 50 biji semuanya diperiksa, sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Caranya umbi dibelah empat secara membujur, kemudian diperiksa sesuai dengan kriteria masing-masing. Analisis fisik ini dilaksanakan di laboratorium.

Sedangkan pada uji kuantitatif prinsip pengujian adalah sebagai berikut:

(1)  Pengukuran berat umbi dari ubi jalar dilakukan dengan cara penimbangan yang menggunakan alat timbangan yang sesuai.
(2)  Pemeriksaan umbi cacat dilakukan secara organoleptik baik kenampakan dari luar maupun pada bagian dalam.
(3)  Pengukuran kandungan air secara thermogravimetri, sedangkan pengukuran kandungan serat dengan memisahkan bahan baku non serat dengan cara melarutkan larutan asam dan basa kuat pada kondisi panas.
(4)  Pengukuran kandungan pati dilakukan pemisahan bahan nonpati dengan cara melarutkan asam dan basa kuat secara centrifuge.

0 Response to "Cara Pengambilan contoh Pengujian Komoditas Ubi Jalar"

Posting Komentar