Contoh Kronologi dan Silsilah Kerajaan Majapahit

Sehabis memulai pembicaraan mengenai Sejarah kerajaan Majapahit, terdapat baiknya jika kita langsung memeriksa silisilah kerajaan maritim terbesar ini pada masa tadi. Sesungguhnya, kerajaan Majapahit merupakan kelanjutan dinasti raja Singosari, sebuah kerajaan yang dibentuk sang Sri Ranggah Rajasa pendiri dinasti Rajasa dalam abad 13.

Orang yg pertama kali mendirikan kerajaan Majapahit serta sebagai raja pertama ialah Raden Wijaya. Pendirian kerajaan Majapahit berhutang banyak pada tentara Mongol yg mendarat di Tuban buat menhancurkan kerajaan Singasari yg pada masa itu sudah jatuh pada tangan Jayakatwang. Waktu penyerangan terjadi, Raden Wijaya bekerja sama dengan pasukan Mongol dan menyerang mereka sesudah Singosari runtuh dan akhirnya pasukan Mongol yang telah lemah karena banyak faktor terpaksa mundur menurut pulau Jawa. Dalam waktu inilah Raden Wijaya memulai bepergian awal dari kerajaan Majapahit serta mengemban nama Kertarajasa Jayawardhana.

Penerus menurut Kertarajasa Jayawardhana adalah Jayanagara yang nama aslinya merupakan Kalagamet. Kisah mengenai Jayanagara yg merupakan anak dari Raden Wijaya dituliskan pada beberapa catatan termasuk Paraton serta Negarakertagama. Dalam masa permerintahannya jugalah Gajah Mada mulai bangkit sebagai satu figur yang krusial. Kerajaan Majapahit dalam masa pemerintahan Jayanagara terlalu rancu serta sulit, dimulai dengan beberapa pemberontakan menurut jendral-jendral dan pangeran dari Raden Wijaya yang nir puas.

Pemberontakan yg paling populer adalah pemberontakan Ra Kuti pada tahun 1319, di mana Ra Kuti berhasil merogoh alih kontrol kerajaan serta bunda kota. Dengan donasi Gajah Mada serta pasukan Bhayangkara, Jayanegara berhasil kabur dari bunda kota dan bersembunyi pada desa Badander. Sementara Gajah Mada kembali serta menghancurkan pemberontakan sang Ra Kuti. Sejarah kerajaan Majapahit kemudian dilanjutkan sang Tribhuwana Wijayatunggadewi yang jua dikenal menjadi Dyah Gitarja. Era pemerintahan Wijayatunggadewi adalah masa di mana Gajah mada ditunjuk sebagai patih dan mulai terobsesi dalam perluasan kerajaan.

0 Response to "Contoh Kronologi dan Silsilah Kerajaan Majapahit"

Posting Komentar