Penjelasan Kisah Awal Berdirinya Kerajaan Majapahit

Setelah mengalahkan Kerajaan Melayu pada Sumatera pada tahun 1290, Kerajaan Singasari menjadi kerajaan terkuat pada daerah tersebut. Hal ini menggelitik Khan berdasarkan Kekaisaran Mongol serta Kaisar dari Dinasti Mongol Yuan yg bernama Kubilai Khan di mana dia mengirim beberapa utusan yang meminta upeti.

Raja Kertanegara yg waktu itu adalah raja terakhir kerajaan Singasari menolak untuk membayar upeti dan malah menghina serta menantang Kubilai Khan, dan sebagai responnya dikirim lah 1.000 kapal ekspedisi menuju Jawa dari Mongolia. Sayangnya, saat pihak Mongol menyerang, Kertanagara telah tewas pada tangan Jayakatwang yang adalah adipati Kediri. Waktu itu, Raden Wijaya yang merupakan menantu Kertanegara diberikan sebuah tanah bernama Tarik yang dia pakai buat menciptakan sebuah desa yg sebagai awal mula sejarah Berdirinya kerajaan Majapahit.

Ketika pasukan Mongol tiba, Raden Wijaya pribadi memilih untuk menolong mereka menghancurkan Jayakatwang. Sesudah kekuasaan Jayakatwang runtuh, Raden Wijaya menyerang pasukan Mongol. Kebingungan, pasukan Mongol tadi terpaksa mundur dan mengikuti tiupan angin monsoon terakhir pada animo itu.

Dalam tahun 1293, Raden Wijaya mendirikan benteng dan kota Majapahit. Tahun ini pula sebagai tahun lahirnya Majapahit serta hari dimana Raden Wijaya sebagai raja. Pada pengangkatannya, beliau diberikan sebuah nama formal ialah Kertarajasa Jayawardhana.

Raja Kertarajasa lalu berakibat ke-4 anak wanita Kertanegara menjadi istri-istrinya. Pendirian kerajaan ini dipenuhi dengan kesulitan dimana beberapa orang terpercaya Kertarajasa termasuk Ranggalawe, Sora, serta Nambi bersekongkol untuk melakukan pemberontakan yang sayangnya gagal. Sesudah diselidiki, ternyata mahapati Halayudha lah yang disangka menjadi dalang persekongkolan ini supaya dia sendiri mampu menduduki strategi yg paling tinggi pada pemerintahan kerajaan Majapahit. Halayudha akhirnya berhasil ditangkap dan dieksekusi meninggal menjadi balasan atas penipuan yg ia lakukan.

0 Response to "Penjelasan Kisah Awal Berdirinya Kerajaan Majapahit "

Posting Komentar