Portalpelajaranlengkap
- Prosedur mencocokan kelengkapan dan kesesuaian bukti transaksi (dokumen )
adalah sebagai berikut:
1 Bagian penagihan
a.
mencocokan
surat pengiriman barang (delivery order) lembar satu yang sudah diparaf
pelanggan dengan surat pesanan pembelian (purchase order )
b.
menyiapkan
faktur penjualan rangkap lima dan faktur pajak dalam rangkap tiga,kemudian
bersama dengan surat pengiriman barang (delivery order) disampaikan kepada
bagian keuangan
2 Bagian keuangan
a.
Meneliti
kelengkapan dokumen penagihan yang terdiri dari DO, faktur pajak, faktur
penjualan,surat order penjualan, dan kebenaran angka angkanya.
b.
Menandatangani
faktur penjualan dan faktur pajak.
c.
Mengirimkan
dokumen penagihan (faktur pajak, faktur penjualan, surat pengiriman barang
asli, surat pesanan pembelian, surat order penjualan, dan surat penagihan).
1.
Prosedur
penerimaan uang penagihan piutang Prosedur penerimaan uang dari hasil penjualan
adalah sebagaiberikut :
a.
Bagian penagihan
Pada
saat faktur penjualan jatuh tempo bagian penagihan akan menghubungi pelanggan
hal ini secara aktif dilaksanakan agar pembayaran dapat ditagih dan dapat diterima
secara tepat waktu.
b.
Bagian kasir
1). menerima cek/giro
dari pelanggan
2). menyiapkan bukti
kas Bank masuk rangkap tigadan menyerahkan bukti kas Bank masuk lembar satu
pada pelanggan,bukti kas Bank masuk dapat berfungsi sebagai kuitansi
3). cek/ giro dan bukti Bank masuk lembar
kedua dan ketiga serta faktur penjualan disampaikan kepada bagian keuangan.
c.
Bagian keuangan mencocokan jumlah uang (cek/giro) dengan bukti bank masuk dan
faktur penjualan.
0 Response to "Peraturan Atau Prosedur Penagihan Piutang Yang Benar"
Posting Komentar