Portalpelajaranlengkap
- Promosi
adalah merupakan kegiatan dalam bidang pemasaran barang dan jasa dengan tujuan
untuk mengingatkan dan meningkatkan omzet penjualan barang.
Dengan
perkataan lain, promosi itu adalah salah satu cara untuk memperkenalkan barang
atau gagasan yang dibiayai oleh sponsor dalam rangka menarik calon konsumen
agar mereka mau melakukan pembelian.
Sedangkan
timbulnya promosi adalah sebagai akibat adanya buyer’s market, artinya
barang-barang produksi perusahaan mencari para pembeli.
Sehingga
dengan adanya promosi berarti perusahaan berusaha mengerahkan untuk menarik
para konsumen agar mau melakukanpembelian terhadap barang-barang.
Perusahaan
modern mengelola suatu system komunikasi pemasaran yang kompleks. Perusahaan
berkomunikasi dengan perantaranya, pelanggan dan publik.
Konsumen
berhubungan dalam komunikasi mulut ke mulut dengan konsumen lain dan publik.
Sementara itu setiap kelompok memberikan timbal balik komunikasi kepada
kelompok lainnya.
Bauran bauran promosi
terdiri dari lima kiat utama:
•
Periklanan:
semua bentuk presentase nonpersonal dan promosi ide, barang atau jasaoleh
sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran
•
Pemasaran
Langsung: Penggunaanh surat, telepon dan alat penghubung, nonpersonal lainnya
untuk berkomunikasi dangan atau mendapatkan respon dari pelanggan dan calon
pelanggan tertentu.
•
Promosi
penjualan: Insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau
pembelian produk atau jasa.
•
Hubungan
Masyarakat dan Publisitas : Berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan
dan atau melindungi citra peruasahaan atau produk individualnya.
•
Penjualan
Personal : Interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan
tujuan melakukan penjualan.
0 Response to "Arti dan Cara Promosi Pemasaran"
Posting Komentar