Arti dan Cara Promosi Pemasaran

Portalpelajaranlengkap - Promosi adalah merupakan kegiatan dalam bidang pemasaran barang dan jasa dengan tujuan untuk mengingatkan dan meningkatkan omzet penjualan barang.

Dengan perkataan lain, promosi itu adalah salah satu cara untuk memperkenalkan barang atau gagasan yang dibiayai oleh sponsor dalam rangka menarik calon konsumen agar mereka mau melakukan pembelian.

Sedangkan timbulnya promosi adalah sebagai akibat adanya buyer’s market, artinya barang-barang produksi perusahaan mencari para pembeli.

Sehingga dengan adanya promosi berarti perusahaan berusaha mengerahkan untuk menarik para konsumen agar mau melakukanpembelian terhadap barang-barang.

Perusahaan modern mengelola suatu system komunikasi pemasaran yang kompleks. Perusahaan berkomunikasi dengan perantaranya, pelanggan dan publik.

Konsumen berhubungan dalam komunikasi mulut ke mulut dengan konsumen lain dan publik. Sementara itu setiap kelompok memberikan timbal balik komunikasi kepada kelompok lainnya.

Bauran bauran promosi terdiri dari lima kiat utama:

     Periklanan: semua bentuk presentase nonpersonal dan promosi ide, barang atau jasaoleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran
     Pemasaran Langsung: Penggunaanh surat, telepon dan alat penghubung, nonpersonal lainnya untuk berkomunikasi dangan atau mendapatkan respon dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu.
     Promosi penjualan: Insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk atau jasa.
     Hubungan Masyarakat dan Publisitas : Berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan atau melindungi citra peruasahaan atau produk individualnya.
     Penjualan Personal : Interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.

0 Response to "Arti dan Cara Promosi Pemasaran"

Posting Komentar