Cara Menyediakan Kebutuhan Konsumen Terhadap Barang dan Jasa

Didalam memilih dan menyediakan kebutuhan-kebutuhan konsumen terhadap barang-baranmg dan jasa,dapat dianalisis dan diidentifikasi dengan cara sebagai berikut.

1. Kebutuhan secara intuitif

Untuk menyediakan kebutuhan barang yang dibutuhkan konsumen, dapat ditempuh dengan jalan menggunakan pikiran sendiri atau intuitif. Perusahaan dapat memikirkan kira-kira barang-barang dan jasa apa saja yang paling banyak dibutuhkan konsumen.

a. Kebutuhan berdasarkan penelitian pasar

Pasar dapat dijadikan tempat untuk meneliti perminataan kebutuhan-kebutuhan konsumen terhadap barang-barang dan jasa. Dari hasil penelitian terhadap pasar tersebut perusahaan dapat menentukan
jenis-jenis barang apa yang harus disediakan untuk kebutuha-kebutuhan para konsumen terhadap barang dan jasa.

b. Kebutuhan berdasarkan penelitian langsung kepada konsumen Perusahaan harus mengetahui bahwa yang paling mengetahui bahwa yang paling mengetahui akan kebutuhan terhadapa barangbarang dan jasa adalah konsumen sendiri. Untuk mencari informasi mengenai kebutuhan atas barang-barang dan jasa, perusahaan harus langsung mendatangi para konsumen.

Perusahaan harus mengadakan penelitian terhadap kebutuhan barang-barang dan jasa para konsumen di daerah-daerah tertentu dan golongan-golongan yang dianggap mewakili tingkat atau golongan ekonomi tertentu,dari hasil penelitian langsung dari para konsumen itu, terus dievaluasi dan diambil kesimpulannya.

hasil kesimpulan tersebut cukup dijadikan dasar dalam menyediakan kebutuhan para konsumen terhadap barang-barang dan jasa.

Segala macam kebutuhan konsumen adalah merupakan objek pasar dalam menyediakan barang-barang dan jasa.

Objek pasar tersebut dapat diidetifikasi sebagai berikut.

a.   Berdasrkan sifat dan tingkat konsumennya Kebutuhan konsumen berdasarkan sifat dan tingkat konsumsinya, terdiri atas:

1) Barang-barang tahan lama (durable goods).
2) Barang-barang tidak tahan lama (non durable goods).
3) Jasa-jasa (service).

b.   Berdasarkan tujuan pemakainnya Kebutuhan konsumenberdasarkan tujuan pemakainnya, terdiri atas:

1)   Barang-barang yang sering atau kadang-kadang dibeli (convinece goods).

Contohnya gula, kopi, teh, garam, sabun, rokok, korek api, koran, dan sebagainya.

2)   Barang-barang yang dibeli memerlukan banyak pertimbangan (shopping goods). Pertimbangan dalam pembelian baisanya berdasarkan harga, gaya, model, kualitas, selera, kemasan, manfaatnya, dan sebagainya.

Contoh barang-barang iniadalah mobil, jam tangan, alat-alat rumah tangga, pakaian,
sepatu, televisi, motor, kulkas, dan sebagainya.

3)   Barang-barang yang mempunyai sifat khusus (specialty goods). Barang-barang kebutuhan konsumen ini, memiliki kualitas khusus.

0 Response to "Cara Menyediakan Kebutuhan Konsumen Terhadap Barang dan Jasa"

Posting Komentar