jenis dan Macam-Macam Data Pesanan Konsumen

Data pesanan konsumen terhadap barang-barang dan jasa sangat penting.

Adapun data pesanan konsumen terhadap barang-barang dan jasa dapat diperoleh dari:

a Para wiraniaga atau petugas penjualan atau pemasaran

Data pesanan konsumen terhadap barang-barang kebutuhannya, dapat diperoleh dari para wiraniaga, petugas penjualan, dan petugas pemasaran. Pada umumnya mereka berhasil memperoleh banyak data pesanan dari para konsumen di berbagai daerah.

b Konsumen datang sendiri

Para konsumen tertentu banyak yang datang ke perusahaan atau toko untuk memesan langsung terhadap barang-barang dan jasa yang dibutuhkannya.

Para konsumen yang memesan barang-barngdan jasa datang sendiri, karena:

a. pesanan barang-barangnya dalam partai kecil,
b. rumahnya dekat dengan perusahaan atau yoko tersebut,
c. konsumen merupakan langganan baru,
d. merundingkan hal-hal khusus,sebelum memesan barangbarang atau jasa.
e. meminta keterangan mengenai produk tentangpembayarannya dan penyerahan produk.

Pesanan melalui surat

Surat-surat dari konsumen yang ditujukan pada perusahaan atau toko merupakan data pesanan terhadap barang-barang dan jasa. Selain surat-surat pesanan yang dikirim melalui surat tercatat, surat
kilat khusus, maupun surat biasa, pesanan barang-barang dan jasa sekarang dapat juga menggunakan:

• Telegram,
• Radiogram,
• Telex,
• Telecopy,
• Faximile.
• Internet, dan
• dan sebagainya.

d Pesanan melalui telepon

Pesanan konsumen terhadap kebutuhan barang-barang dan jasa yang paling cepat adalah melalui telepon.

e Pesanan melalui jasa pihak ketiga

Pesanan konsumen terhadap kebutuhan barang-barang dan jasa dapat melalui jasa pihak ketiga. Perantara tersebut datang sendiri ke para konsumen, atau mengirim surat pesanan, menelepon, dan sebagainya.

0 Response to "jenis dan Macam-Macam Data Pesanan Konsumen "

Posting Komentar