Data
pesanan konsumen terhadap barang-barang dan jasa sangat penting.
Adapun data pesanan
konsumen terhadap barang-barang dan jasa dapat diperoleh dari:
a Para wiraniaga atau
petugas penjualan atau pemasaran
Data
pesanan konsumen terhadap barang-barang kebutuhannya, dapat diperoleh dari para
wiraniaga, petugas penjualan, dan petugas pemasaran. Pada umumnya mereka
berhasil memperoleh banyak data pesanan dari para konsumen di berbagai daerah.
b Konsumen datang
sendiri
Para
konsumen tertentu banyak yang datang ke perusahaan atau toko untuk memesan
langsung terhadap barang-barang dan jasa yang dibutuhkannya.
Para konsumen yang
memesan barang-barngdan jasa datang sendiri, karena:
a.
pesanan barang-barangnya dalam partai kecil,
b.
rumahnya dekat dengan perusahaan atau yoko tersebut,
c.
konsumen merupakan langganan baru,
d.
merundingkan hal-hal khusus,sebelum memesan barangbarang atau jasa.
e.
meminta keterangan mengenai produk tentangpembayarannya dan penyerahan produk.
Pesanan melalui surat
Surat-surat
dari konsumen yang ditujukan pada perusahaan atau toko merupakan data pesanan
terhadap barang-barang dan jasa. Selain surat-surat pesanan yang dikirim
melalui surat tercatat, surat
kilat
khusus, maupun surat biasa, pesanan barang-barang dan jasa sekarang dapat juga
menggunakan:
•
Telegram,
•
Radiogram,
•
Telex,
•
Telecopy,
•
Faximile.
•
Internet, dan
•
dan sebagainya.
d Pesanan melalui
telepon
Pesanan
konsumen terhadap kebutuhan barang-barang dan jasa yang paling cepat adalah
melalui telepon.
e Pesanan melalui
jasa pihak ketiga
Pesanan
konsumen terhadap kebutuhan barang-barang dan jasa dapat melalui jasa pihak
ketiga. Perantara tersebut datang sendiri ke para konsumen, atau mengirim surat
pesanan, menelepon, dan sebagainya.
0 Response to "jenis dan Macam-Macam Data Pesanan Konsumen "
Posting Komentar