Jenis Dan Raktor-Faktor Utama Nabi Muhammad Dalam Menanamkan Tauhid Kepada Penduduk Mekkah

Substansi Dakwah Nabi Muhammad Periode Mekah Pada periode Mekah, substansi dakwah Rasulullah saw. difokuskan pada beberapa masalah sebagai berikut.

Menanamkan Ajaran Tauhid

Mengajarkan tauhid kepada manusia merupakan substansi dakwah Rasulullah periode Mekah.

Rasulullah mengajarkan dan menyeru kepada umat manusia untuk beribadah hanya kepada Allah Swt. Hanya Allah Swt., yang patut untuk disembah dan dimintai pertolongan.

Segala macam berhala yang menjadi sesembahan nenek moyang tidak dapat memberi keuntungan atau kemudaratan. Berhala yang disembah dan diberi sesaji adalah batu yang tidak dapat berbuat apa-apa.

Berhala-berhala tersebut tidak patut untuk disembah. Rasulullah hadir di tengah-tengah masyarakat jahiliah dan menyampaikan bahwa hanya Allah Swt., zat yang patut untuk disembah.

Allah Swt. pencipta langit dan bumi beserta isinya. Hanya Dia yang dapat mengaruniai keselamatan, keberuntungan, dan tempat seluruh makhluk bergantung.

Tauhid menjadi dasar untuk menanamkan syariat atau ajaran Islam lainnya. Setelah seseorang menyembah hanya kepada Allah Swt.,

Ajaran Islam yang selanjutnya akan dengan sendirinya diterima dan dilaksanakan.


Jika dalam diri seseorang telah tertanam tauhid yang kuat, ia dengan ikhlas akan menerima segala perintah Allah Swt. dan menjauhi segala larangan-Nya. 

Inti ajaran tauhid yang Rasulullah saw.tanamkan kepada masyarakat Mekah.

0 Response to "Jenis Dan Raktor-Faktor Utama Nabi Muhammad Dalam Menanamkan Tauhid Kepada Penduduk Mekkah"

Posting Komentar