Arti Serta Macam-Macam Penelitian Kebutuhan Ruangan

Portalpelajaranlengkap - Langkah ini memerlukan taksiran besarnya penjualan dalam jangka waktu pendek dan jangka panjang. Jika ramalan penjualan jangka pendek diperoleh, maka dapatlah ditentukan luas minimum took yang dibutuhkan yaitu dengan membagi jumlah hasil penjualan itu dengan suatu angka yang diperoleh dari pengalaman.

Jika ada kemungkinan peningkatan penjualan dimasa depan, maka hendaklah diadakan cadangan perluasan ruangan.

Pada umumnya pengelola toko haruslah menanyakan dirinya apakah ia telah menyediakan ruangan untuk kebutuhan berikut :

a.   Bagian barang dagangan termasuk ruang penyimpanan barang (running stock) dan tempat penjualan (sales area) yang sesuai.
b.   semua bagian penunjang penjualan (Bagian pengiriman barang, penyimpanan, pengembalian barang dn lain-lain).
c.   Kemudahan bagi pelanggan dan karyawan
d.   Ruangan kantor, termasuk ruangan untuk pembelian barang.
e.   Pintu masuk dan keluar toko, tangga
f.    Gang-gang yang cukup lebar, yang memudahkan arus lalu lintas pelanggan.
g.   Ruangan etalase menurut bentuk dan jenis yang dikehendaki.
h.   Ruangan yang cocok untuk peralatan komputer dan keperluan lain dari teknologi baru.

Luas area penjualan (sales space) dan non area penjualan tergantung dari tipe bisnis yang dilakukan:

Supermarket : kurang lebih 60% : 40%
Special store : kurang lebih 80% : 20%
Departement store : kurang lebih 70% : 30%

Alokasi area penjualan berdasarkan pengalaman di toko dipadu dengan :

a. Penjualan per M2 (meter persegi)
b. Laba kotor per M2 (meter persegi)
c. Perputaran stock barang

Berikut ini contoh bagian /area yang ada di Supermarket:

Bagian /area yang ada di Supermarket

1. Area Kantor; yaitu tempat manajer toko dan staff melakukan kegiatan operasional toko
2. Area Kasir, terdiri atas

1) kasir yang biasanya berjumlah 4 sampai 6 dan counter COC (Contract Of Counter) yaitu counter yang disewa secara khusus oleh supplier untuk menempatkan barang miliknya. Barang yang diletakan disini adalah barang-barang kecil yang sering dibeli oleh customer seperti batu battery, permen, rokok, obat umum dan sejenisnya.Adapun mesin bisnis / equipmn yang digunkanan di bagian kasir yaitu :

-Mesin kasir disebut dengan mesin computer
-Mesin debit digunakan apabila ada pembeli yang membayar dengan kartu kredit

2) deposit yaitu tempat menitipkan tas atau barang customer

3. Area Perishable; terdiri atas

1)   area Fruit yaitu tempat aneka buah segar,
2)   area vegetable yaitu tempat sayur dan bumbu segar serta makanan olahan beku (diletakkan pada frezzer),
3)   area Meat yaitu tempat daging, ikan, ayam dan olahannya serta

makanan siap santap (Ready to Eat) Diarea perisable terdapat equipment / mesin-mesin toko seperti
mesin timbangan barang dan mesin wraping untuk mengemasbarang.

4. Area Merchandising, terdiri atas;

1)  area tempat menyimpan barang persediaan (gudang); barang- barang yang didisimpan disini dikelompokan menjadi kelompok food yaitu kelompok makanan (sembako), makanan bayi, snack / minuman dst; dan kelompok non food Seperti; sabun, shampo obat serangga, toolkit dst

2) area rak shelving / gondola barang-barang yang dijual.

Related Posts :

0 Response to "Arti Serta Macam-Macam Penelitian Kebutuhan Ruangan "

Posting Komentar