Cara Menghargai Upaya Perlindungan Hak Asasi Manusia / HAM

Menghargai upaya perlindungan HAM bukan sekedar hanya sebuah perasaan belaka yang penting dan berharga, tetapi lebih pada sikap positif terhadap perlindungan HAM. Di sini tersirat kesadaran bahwa perlindungan HAM itu berguna sehingga perlu terus-menerus diperbaiki dan ditingkatkan mutunya.

Selain itu ada kesediaan semua pihak untuk ikut serta berpartisipasi memperbaiki kondisi perlindungan HAM agar semakin lebih baik.

Sebetulnya banyak contoh sikap menghargai upaya perlindungan HAM yang dapat dilakukan oleh semua komponen masyarakat, bukan hanya dilakukan oleh pejuang-pejuang HAM seperti Kontras, BEM, atau LSM. Dalam hal ini semua warga negara mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menegakkan HAM.

Perlindungan HAM perlu ditingkatkan sebab sangat bermanfaat tidak hanya bagi dirinya sendiri, tetapi orang lain juga. Upaya penegakan HAM tidak hanya menjadi tugas lembaga-lembaga perlindungan HAM saja. Namun setiap warga negara termasuk para siswa mempunyai tanggung jawab untuk ikut serta menegakkan dan melindungi HAM.

Upaya perlindungan HAM yang dapat dilakukan para siswa antara lain mendukung upaya lembaga-lembaga perlindungan HAM dalam menyelesaikan kasus pelanggaran HAM.

Konsep hak asasi manusia merupakan konsep yang dinamis, sehingga perlindungan terhadap hak asasi manusiapun berkembang dan terus mengalami perubahan. Perubahan perlindungan hak asasi manusia itu disebabkan adanya pengaruh globalisasi dunia yang kian tak terbatas.

Contoh, setelah banyak kasus kekerasan terhadap anak di masa lalu seperti penganiayaan terhadap anak, pelecehan seksualitas terhadap anak atau pemaksaan anak terhadap kemauan.

0 Response to "Cara Menghargai Upaya Perlindungan Hak Asasi Manusia / HAM"

Posting Komentar