Kemerdekaan Bangsa Indonesia Adalah Anugerah Dari Tuhan Yang Mahakuasa dan Perjuangan Seluruh Rakyat Indonesia

Kemerdekaan Bangsa Indonesia Merupakan Anugerah Dari Tuhan Yang Mahakuasa Dan Perjuangan Seluruh Rakyat Nusantara Selama Tiga Setengah Abad.

Ini berarti bahwa kemerdekaan Indonesia bukan pemberian dari penjajah. Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 merupakan titik puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam menentang penjajahan.

Proklamasi Kemerdekaan merupakan titik penjebolan hukum kolonial menjadi hukum nasional. Maka tanggal 18 Agustus 1945 PPKI menetapkan UUD 1945 sebagai hukum dasar negara Indonesia merdeka. UUD 1945 yang disahkan oleh PPKI merupakan konstitusi yang pertama berlaku di Indonesia.

Suasana kebatinan konstitusi pertama tidak lain adalah keempat pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 yang hakikatnya adalah Pancasila. Hubungan proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945 adalah cita-cita proklamasi kemerdekaan terkristalisasi dalam pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.

Sikap positif berarti mengupayakan memiliki cara pandang yang berusaha membangun dan memperbaiki keadaan. UUD 1945 merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

0 Response to "Kemerdekaan Bangsa Indonesia Adalah Anugerah Dari Tuhan Yang Mahakuasa dan Perjuangan Seluruh Rakyat Indonesia"

Posting Komentar